Kampung Pelangi di Semarang Menjadi Sorotan Dunia

Kampung Pelangi Wonosari Semarang

Fenomena kampung pelangi bukan pertama kali terjadi di Kampung Wonosari Semarang. Sebelumnya beberapa kota di Indonesia sudah membangun kampung dengan cat tembok warna-warni. Beberapa diantaranya adalah Kampung warna-warni Sungai Kalilo di Banyuwangi, Kampung Pelangi Kelurahan Sindulang di Kota Manado, serta Kampung Jodipan di Kota Malang. Semua kota tadi awalnya merupakan permukiman padat penduduk yang kumuh dan tidak tertata.

Kampung Pelangi Wonosari Semarang

Di Kota Semarang sendiri ada kampung pelangi yang sedang tren di kalangan anak muda di Semarang dan sudah menjadi sorotan di Dunia. Kampung itu bernama Kampung Wonosari yang wilayahnya tidak jauh dari pemakanan bergota Semarang. Seperti kampung yang lainnya, Kampung Wonosari dulunya adalah kampung yang kumuh dan tak enak dipandang. Kini Kampung ini menjelma jadi Kampung Pelangi yang sangat indah dipandang dan didatangi wisatawan setiap harinya.

Kesuksesan Kampung Pelangi Wonosari ini tentu saja berkat Walikota Kota Semarang yaitu Hendi Prihadi. Hendi melibatkan para warga yang ada di Kampung Wonosari, perangkat kelurahan dan kecamatan, relawan, serta anggota TNI dan Polri untuk mengecat Kampung Wonosari ini. Berkat kerja keras Hendi dan warga sekarang Kampung Wonosari menjadi destinasi wisata baru di Kota Semarang.

Perubahan yang dratis ini tentu saja menjadi sorotan media internasional. Ada sekitar sembilan media asing menyoroti kampung pelangi yang instagramable ini. Media asing yang menyoroti kampung pelangi yaitu Lonely Planet dengan mengambil judul A Rainbow Coloured Village in Indonesia has become an unexpected tourist attraction.

Media asing lainnya yang menyoroti kampung pelangi yaitu Dailimail dengan mengambil judul Indonesian Village Instagram Hit Paint Job, serta Buzzfeed mengabarkan This Rainbow Village is Honestly such an Instagram Dream.

Yang lebih menggebirakan lagi adalah ada media Jerman, Ruply TV yang turut melakukan liputan langsung ke Kampung Pelangi pada kamis tanggal 18 Mei.

Hendi mengaku sangat senang karena keberadaan kampung pelangi mulai mendunia. Kecantikan Kampung Pelangi yang telah viral, kata Hendi, merupakan hasil kerja bersama seluruh warga masyarakat dan stakeholder Kota Semarang.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar